BALI CARGO

BALI CARGO (formerly known as the PT. Bali Intercont Cargo) is a licensed IATA (International Air Transport Association) agent who specialize in an International Air Freight and Sea Freight Forwarder and Transportation and Logistics Solutions with it’s headquarter in Bali, Indonesia. The company was established in 1989 as PT. INTERCONT. In 1995 change our brand name become PT. Bali Intercont Cargo and supported by personnel expert in the Cargo Shipping Agent.

Freight forwarding is a complex and specialized procedure that involves linking buyers with vendors around the world via air, sea or land. The freight forwarding procedure also involves carriers, customs, packers and transporters. At BALI CARGO all these processes are conglomerated into one specialized service from an internationally recognized supply chain management organisation.

In 1999 BALI CARGO received an IATA Awards as an Accredited Cargo Agent. In 2006, invested a new warehouse in Ketewel – Sukawati, Gianyar, the handicraft center of Bali. During the same year, BALI CARGO was known as a trusted cargo agent to all International Airlines through Denpasar.

With over 15 years Freight Forwarder experiences, BALI CARGO prides itself on being able to offer their clients a range of services that offer solutions and meet individuals transport and logistical needs. Along with freight forwarding and the logistics involved in that, they also provide the following freight and cargo services:
  • International Air & Sea Freight
  • Packing & Shipping
  • Customs Clearence
  • International Courier
  • Local Trucking
  • Domestic Package Delivery
  • Warehousing, etc. 

Bali Cargo | Bali Freight Forwarder

Rabu, 01 Juni 2016

Kenaikan Tarif Jasa Cargo di Bandara Sepinggan Beratkan Pengusaha Cargo

Balikpapan – (suaracargo.com)

Pengusaha jasa angkutan barang dan logistik menolak keras rencana penyesuaian tarif Pelayanan Jasa Kargo dan Pos Pesawat Udara (PJKP2U) sebesar 50 persen dari tarif semula oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sepinggan. Mereka menilai, penyesuaian tarif itu akan sangat memberatkan banyak pihak, termasuk pengusaha dan masyarakat pengguna jasa.



Kemarin (7/10), DPW Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos Logistik Indonesia (Asperindo) Kaltim dan DPC Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI)-Bandara Sepinggan menyampaikan penolakan tersebut. Surat pernyataan sikap disampaikan ke PT Angkasa Pura dengan tembusan Wali Kota, DPRD Balikpapan, dan Kadin Balikpapan.

Ketua DPW Asperindo Kaltim Zainul Fatah menjelaskan, rencana menyesuaikan tarif ini memang masih dalam masa sosialisasi. “Sudah ada dua kali pertemuan antara PT Angkasa Pura Logistik dengan Asperindo dan ALFI. Tapi tidak ada titik temu. Mereka ngotot minta naik, tapi kami tidak mau,” terangnya kepada Kaltim Post, di salah satu rumah makan di Balikpapan Selatan kemarin.

Penyesuaian tarif yang direncanakan adalah dari Rp 500 per kilogram naik 50 persen hingga menjadi Rp 750 per kilogram, belum termasuk pajak 10 persen. Pertimbangan yang disampaikan PT Angkasa Pura, salah satunya adalah, karena sudah sejak 2011 belum pernah ada penyesuaian tarif.

Selain itu juga seiring dengan investasi mereka untuk renovasi terminal kargo yang baru. “Tapi jangan investasi itu lantas diubebankan kepada kami sepenuhnya,” tambahnya.

Lagi pula, peningkatan fasilitas yang sudah dilakukan disebut-sebut tak memberi keuntungan bagi pengusaha. Sebab, semua fasilitas yang ada di bandara tetap dikenakan biaya tambahan bila dipergunakan. Misalnya, forklift yang dikenakan biaya sampai Rp 100 per kilogram.

Senada, Ketua DPC ALFI Bandara Sepinggan Lambertus Lelwakabessy menambahkan, di kargo Bandara Sepinggan jumlah barang yang datang (incoming) mencapai 2.032 ton dalam sebulan.

Sementara itu, barang yang keluar (outgoing) sekitar 940 ton didominasi hasil laut seperti ikan dan kepiting. Omzet PT Angkasa Pura Logistik dalam sebulan dari kargo domestik saja ditaksir mencapai Rp 1,6 miliar.
Penolakan penyesuaian tarif yang disampaikan Asperindo dan AlFI menurutnya bukan tanpa alasan. Mereka menyebut, menaikkan tarif kargo kontra produktif dengan kebijakan pemerintah menekan biaya logistik nasional yang terbesar se-Asia Tenggara. Itulah yang menyebabkan produk nasional kalah bersaing dengan asing karena tingginya biaya logistik yang ditanggung.

Selain itu, biaya jasa gudang kargo adalah salah satu bagian dari komponen biaya pengiriman dan penerimaan. Tentunya, hal itu akan memengaruhi harga pokok atas sebuah produk khususnya di Balikpapan. Misalnya cabe yang selama ini banyak didatangkan dari Jogjakarta melalui jalur udara.

Padahal saat ini semua sektor usaha tengah melakukan efisiensi dan tak jarang berujung pada pengurangan karyawan akibat kelesuan dan perlambatan ekonomi. Tak terkecuali perusahaan jasa pengiriman, di mana sebagian pengguna jasa baik perusahaan lokal maupun asing di Kaltim yang tidak beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

View BALI INTERCONT CARGO, PT. in a larger map